Kamis, 20 Februari 2020

HUJANPUN TAK SURUTKAN TERLAKSANANYA GEBYAR TIMBANG SERENTAK



Saat itu ..,Rabu tgl 12 pebruari 2020
adalah hari yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya sebagai hari dan tanggal pelaksanaan Gebyar Timbang Serentak se Surabaya.
Dimana seluruh Posyandu di wilayah Kelurahan Kupang Krajan khususnya dan Pos Yandu  se Surabaya pada umumnya,melaksanakan Timbang Serentak melalui Pos Yandu di wilayah masing masing .



Tepat nya pada pukul 09.35 waktu Indonesia bagian Barat  , turun lah hujan deras disertai angin kencang..mengguyur wilayah kel Kupang Krajan. Untuk mengetahui bahwa Gebyar Timbang Serentak tetap terlaksana..TP PKK melalui Pokja IV .di wakili b Indrartini bersama Sekretaris 1, bu Lilik..mengunjungi Posyandu  Posyandu yang ada .Sementara yang bisa dikunjungi , Pos Yandu Melati RW 1.., Pos Yandu Bhakti Pertiwi RW 7 ..dan Pos Yandu Anggrek RW 2
Ternyata walau hujan deras mengiringi kegiatan Timbang Serentak ., tidak menyurutkan sedikitpun semangat kader kader Pos Yandu , untuk tetap melaksanakan kegiatan tersebut.



Ketika sampai di Pos Yandu  Anggrek saat itu waktu menunjukan pukul 11.05 waktu Indonesia Barat..jumlah balita yang datang baru 16 .,salah satu kader ditanya...dengan adanya hujan pastilah kehadiran Balita sedikit/menurun, kiat apa yang akan dilakukan ,dengan serentak kader pos yandu Anggrek menjawab dengan tegas  ....nanti sore kami akan mengunjungi ke rumah rumah balita yang tidak hadir....wwooooww luar biasa
Patut diancungi jempol untuk semangat dan tanggung jawab yang dilakukan oleh beliau beliau para kader Pos Yandu.
Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya timbang badan saja, juga ada pengukuran tinggi badan , pemberian Vit A , pemberian Permakanan tambahan / PMT   berupa mie dan buah pisang dan juga penyuluhan yang disampaikan oleh bidan dari Pusksmas Banyu Urip.sebagai Puskesmas Pembina.



Akhir dari kegiatan tersebut ..setiap Pos Yandu wajib melaporkan hasil kegiatan  ke Kelurahan selain ke Puskesmas.
Dari hasil laporan Rekapitulasi menunjukkan bahwa D / S  = 1430/1446 = 98, 89 %..( jumlah balita hadir di timbang : jumlah seluruh balita yang ada di Posyandu ).     



Laporan tersebut diperoleh dari sumber terpercaya , bpk Sulis sebagai petugas penanganan bidang gizi dan bidan Nana pembina posyandu kelurahan kupang krajan dari Puskesmas Banyu Urip.
Hal ini membuktikan bahwa., walau hujan turun deras  tidak menyurutkan semangat kader pos Yandu melaksanakan tanggung jawabnya untuk mensukseskan Timbang Serentak di Pos Yandu masing masing




@ kim kujan
@ sawahan
@surabaya

                               Salam informasi
                                     Indrartini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar