Jumat, 21 Februari 2020

REK..........KIM KUJAN REMBUG BARENG KARO KADER POS YANDU........MANTUL LUUR..



Untuk menyampaikan Informasi , saat paling tepat adalah duduk bareng ngobrol bareng dan curhat bareng dalam suasana kekeluargaan dalam lingkup kecil..misalnya dalam pertemuan kader posyandu Rw/ pertemuan Pkk Rw /pertemuan bunda Paud Rw...dan sebagainya.
Karena di form semacam itu peserta ngobrol /rapat bisa leluasa menyampaikan uneg uneg nya tanpa ada rasa takut salah / malu, begitu juga dengan penyampai Informasi.
Sehingga apa yang akan kita sampaikan diterima dan dipahami oleh peserta pertemuan / rapat dengan jelas .




Hal ini bisa saya rasakan, saat saya sebagai KIM Kupang Krajan menyampaikan tentang MBR ,E KTP  , Proses pengerjaan KB MOW/Steril Wanita...serta waspada akan keselamatan anak dimanapun..mereka antusias menanyakan semuanya apa yang belum dipahami dengan leluasa , sehingga ketika pulang mereka sudah membawa ilmu yang benar benar dapat mereka terima untuk dipahami.




Saat itu , jumat 21 Pebruari 2020..di RW5 Kelurahan Kupang Krajan.sedang melaksanakan Pertemuan Kader Pos Yandu , bertempat di rumah ibu Lisdiono , yang beralamatkan di Kupang Krajan  Kulon 4 / 12A.
Dimana dalam acara tersebut hadir pula Bidan Nurul (bidan pembina Pos Yandu di RW 5 khususnya).beserta bu Ratna Perawat dan Mb Mia  ahli gizi , beliau beliau itu dari Puskesmas Pembina Kelurahan Kupang Krajan.
Bidan Nurul menyampaikan bahwa tugas yang diberikan kepada kader banyak kolom kolom penting yang belum terisi.....contoh lanjut Bidan Nurul , ketika pengisian buku Pus , alat kontrasepsi tidak disebut dengan jelas ,yang dimaksud adalah pengisian peserta KB nya harus diisi KB pill/ Suntik / Susuk / Spiral , disana hanya diisi kesertaan ber KB ...."YA"....juga ada kesalahan pengitungan pada Immunisasai TT./Tetanus.
Bidan Nurul mengingatkan disaat ada warganya yang hamil jangan sampai tidak terlapor...dan tidak terdata ,dengan tujuan agar bisa dipantau perkembangan kehamilan nya.supaya semua ibu hamil sehat ibunya sehat pula pertumbuhan janinnya. Sehingga nantinya terlahirlah ank yang sehat , kuat ,dan cerdas.
Karena merekalah yang nantinya akan menjadi harapan bangsa dan Negara yang kita cintai.




Lain halnya dengan pertanyaan yang diajukan kepada KIM....
Mayoritas yang ditanyakan adalah...BPJS PBI tidak aktif lagi.......
KIM Kupang Krajan menyarankan langsung saja ke bpk ketua RW....dan sampaikan permasalahan nya.RW akan buka data Mbr/Masyarakat Berpenghasilan Rendah...jika nama nya ada didata tersebut maka RW langsung klik mengaktif kan kembali BPJS PBI yang bersangkutan.




Alhamdulillah ...rembug / ngobrol bareng bersama adalah tempat/ wahana paling tepat untuk menyampaiakan Informasi dan juga nenerima Informasi langsung dari warga.
Semoga acara rembug dan ngobrol bareng kali ini ada guna dan maanfaatnya bagi penerima dan penyampai informasi, dalam hal KIM KUPANG KRAJAN maupun dari Puskesmas Pembina.7




@ kim kup krajan
@ Sawahan
@ surabaya

                           
                        Salam informasi
                              Indrartini

6 komentar:

  1. Memang paling komplit pertemuan kader kalau ketua KIM hadir semua info terserap oleh kader dan kader siap menyampaikan kewarga

    BalasHapus
  2. Lanjutin dan tetap semangat bnyk pahala yg didapat semoga selalu sehat ibuu

    BalasHapus