Selasa, 19 November 2019

PERAN KADER BKR BAGI KELUARGA REMAJA DAN REMAJA



Pemerintah kota Surabaya , melalui DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK , PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK/DP5A dalam mewujudkan remaja mandiri  bermartabat dan berdaya guna untuk masa depan nya tentunya juga untuk kepentingan Bangsa .Negara dan Agama pada umumnya...melalui kader BKR dan tentunya dengan dukunga semua lapisa masyarskat hal tsb diatas bisa terwujud
Di Kec Sawahan pada tgl 18 Nopember 19 mengadakan Pemantapan dan Pembinaan bagi Kader BKR dg nara Sumber Drs Budi Windarto dan Iswandi S.Sos.


Sebagai langkah awal untuk mewujudkan.hal tsb...diperlukan POKTAN "/Kelompok Kegiatan di wilayah kampung Kb terutama .Harapan kedepan nya semua RW juga ada POKTAN BKR nya tidak hanya kampung KB saja .
Kenapa harus di wilayah kampung Kb yang menjadi prioritas karena kampung Kb ini memiliki strata tingkat sosial ,budaya serta perekonomian dan kesertaan ber KB nya masih rendah dan lingkungan sekitarnya kumuh.
Daerah saeperti ini biasanya rentan dengan kriminalitas....oleh karnanya Pemerinrah berupaya agar hal tsb tidak terjadi,maka dibentuklah POKTAN BKR yg dipelopori olh kader BKR.tetunya juga bantuan dari Rt ..kartar juga tomasy dan toga
POKTAN BKR ini anggotanya smua keluarga yg mempunyai putra dan putri Remaja.Disinilah tugas kader BKR berperan memberikan penyuluhan kpd anggotanya bgmn cara memberikan sesuatu yg baik u putra putrinya agar kerasan dirumah...sehingga putra putri kita tdk mencari tempat curhat diluar apalagi jika yg diajak curhat justru menjerumuskan.
Salah satu cotoh agar putra putri kerasan di rumah Ortu bisa berperan jadi Teman..sahabat..serta membantu memberikan solusi disaat putra putri kita butuh bantuan.
Ortu harus bisa memberikan kasih sayang dan perhatian lebih kpd mereka , sehingga putra putri kita kerasan dirumah.Kesimpulan nya..kasih sayang dan memberikan perhatian lebih adalah obat termujarab agar putra putri kita menjadi anak yg kita harapkan dari pada kita mencukupinya dg materi..krn materi tanpa kasihh sayang dan perhatian  justru akan menjerumuskan mereka.



Kemudian apa yang harus dilakukan selanjutnya jika POKTAN  BKR sdh berjalan sesuai yang direncanakan.
Kini sasaran ke dua adalah REMAJA nya.Berbeda dg BKR .mengutamakan.adanya POKRAN
., kalo REMAJA membutuhkan adanysa PIKR / KELOMPOK INFORMASI  DAN KONSELING BAGI REMAJA..Dalam wadah PIK R inilah diharspkan ., para remaja
Mengadakan pertemuan routin dibawah binaan Ket RT/Kartar/Kader BKR.Pada awalnya.yg harus.dipahamkan adalah...SALAM GENRE yg artinya "SAATNYA YANG MUDA BER KB ".bukan berarti para remaja harus.ikut KB dg menggunakan ALAT KONTRASEPSI " melainkan MENUNDA PERNIKAHAN DINI "
Dalam PIK R Ini pula.diberikan pemahan  3 HAL TERPENTING BAGI MEREKA
Diantaranya mengatakan  TIDAK HARUS MEREKA LAKUKAN...antara lain
 1 Tidak mlakukan pernikahan DINI
 2 Tidak melakukan SEKS DILUAR NI
     KAH
 3 TIDAK MENGGUNAKAN NAPZA
3hal ini terus dan terus kita sampaika n kepada mereka..dan tentunya dengan nemberikan contoh positip kpd mereka.Syukur alhamdulillah jika dalam pertemua tsb ada peragaan membuat sesuatu / ketrampilan yg produktif.


Marilah kita semua ikut berperan aktif mendukung Program Pemerintah agar berjalan lancar dan terwujud dengan cara  setiap keluargaremaja.memberikan kasih sayang dan perhatian lebih kepada putra putri nya, karena dipundak merekalah masa depan Banga dan Negara menjadi Jaya atau mengalami Kehancuran.
Oleh karenanya tanggung jawab remaja bukanlah bergantung kepada orang tua saja .,melainkan kita semua sebagai warga Negara  Kesatuan Republik Indonesia ikut bertanggung jawab terhadap masa depan Generasi mendatang yang Hebat Bermartabat Berdaya Guna dan Mandiri

*Wahai Generasi Muda,,,,,,
  Dipundakmulah Indinesia Jaya.....
  Untuk Selama lamanya...✊✊✊

@** By Indrartini
@** Kim Kujan Blogg

1 komentar: